Tips Liburan Dengan Biaya Murah

Bagi pemuda yang berencana mengadakan tour bersama teman namun dengan biaya yang minim tentunya menjadi impian tersendiri. Selain menghemat biaya, juga dapat menikmati berbagai panorama yang telah diimpikan sebelumnya.
Biasanya para pemuda memilih tour dengan kendaraan pribadi, misalnya sepeda motor bersama teman-temannya. Mencari rute yang terdekat dan mudah dilalui menjadi tantangan tersendiri bagi pemuda yang mengadakan tour.
Berikut beberapa saran yang bisa dicoba agar tour yang direncanakan menjadi nyata, tentunya dengan budget yang minim, berikut uraiannya:

1. Menentukan Tujuan
Tour yang dilakukan tentunya memiliki tujuan. Sebaiknya sebelum berangkat mencari beberapa informasi yang berguna untuk kelancaran tour kita. Misalnya medan yang akan dilalui, fasilitas, harga penginapan, dan informasi tentang makanan yang murah namun enak.
Atau bisa juga bertanya pada teman yang sebelumnya pernah melakukan tour ke tempat yang akan kita tuju, sehingga lebih mudah dalam memperkirakan segala sesuatunya.

2. Hindari Musim Liburan
Sudah terbayang bagaimana rumitnya ketika berlibur saat musim liburan. Selain tempat lebih padat, tentunya harga segala macam yang berkaitan dengan liburan seperti makanan, tiket wisata, atau oleh-oleh juga semakin mahal.
Sebaiknya prioritaskan beberapa hari khusus untuk melakukan tour. Misalnya hari efektif yang biasanya orang sibuk bekerja. Hal ini akan membuat tour yang akan dilakukan menjadi bermakna.

3. Menginap di Tempat Sederhana
Bagi tour yang mengharuskan bermalam, sebaiknya memilih tempat sederhana untuk bermalam. Selain menghemat biaya, sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah tempat yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan tubuh.
Atau bisa juga dengan membawa tenda kecil yang bisa digunakan untuk 2 orang, kemudia mencari tempat aman yang sekiranya terbuka dan bisa digunakan untuk bermalam.

4. Hindari Oleh-Oleh di Spot Perbelanjaan
Biasanya beberapa tempat wisata memiliki titik oleh-oleh yang berupa pusat perbelanjaan. Para turis mancanegara biasanya berbelanja disana. Otomatis budget yang dimiliki harus tinggi.
Namun jangan khawatir beberapa tempat wisata tersebut juga memiliki tempat oleh-oleh tersendiri dengan harga yang jauh di bawah harga pusat perbelanjaan. Jadi jangan terlalu fokus dengan pusat perbelanjaan yang terkenal dengan namanya.

5. Ajak Teman
Liburan sendiri memang menyenangkan, namun alangkah lebih menyenangkan jika mengajak beberapa teman untuk ikut serta. Dengan teman kita bisa berbagi kebahagiaan, tawa, dan mungkin kebingungan ketika menghadapi sebuah tantangan baru.

6. Memakai jalur Darat
Harga tour dengan jalur darat tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan jalur udara atau air. Selain itu kita juga akan menikmati berbagai pemandangan baru selama perjalanan sehingga perjalanan begitu asik tanpa hal yang membosankan.

7. Makan Sederhana
Ketika melakukan tour sangat penting untuk mengisi perut. Karena bagaimanapun juga kita membutuhkan asupan makanan sebagai sumber tenaga. Sebaiknya pilih makanan yang murah namun memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah. Hindari makanan yang dijual di restoran mewah, karena tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan.

8. Cari Tempat yang Berhubungan dengan Alam
Tour akan lebih menyenangkan jika yang kita datangi masih berhubungan lekat dengan alam. Misalnya air terjun, pantai, atau pegunungan. Selain harga lebih murah, tentunya pemandangan yang disuguhkan akan sebanding dengan apa yang telah kita lalui menuju tempat wisata alami tersebut.

9. Bawa Power Bank
Bagaimanapun juga kita tidak akan bisa luput dari yang namanya ponsel. Biasanya selain untuk berkomunikasi, ponsel juga digunakan untuk mengabadikan momen indah selama tour. Jadi jangan sampai kehabisan batrai ketika melakukan tour. Meskipun tersedia tempat pengisian batrai HP, disarankan agara membawa power bank yang memiliki daya tampung cukup banyak.

Itu tadi beberapa saran yang dapat dilakukan selama tour dengan biaya yang minim. Selamat mencoba!

You cannot copy content of this page