jasa kirim barang

Maraknya Jasa Kirim Barang dan Alasan Indonesia Terus Impor Daging Sapi

Jasa kirim barang dibutuhkan untuk keberlangsungan pengiriman barang baik lokal maupun mancanegara. Untuk menemukan ekspedisi yang tepat saat ini juga cukup mudah, karena banyak sekali bermunculan jasa-jasa ekspedisi handal. Berbicara soal kegiatan pengiriman barang ke luar negeri ataupun sebaliknya, tentu yang selalu banyak dibicarakan adalah seputar produknya.

Seperti misalnya Indonesia yang masih terus melakukan impor daging sapi. Indonesia memang masih selalu melakukan impor daging sapi setiap tahun, jadi tidak heran mengapa harga daging sapi juga melonjak. Hal ini didasari pada berbagai alasan.

Alasan Impor Daging Sapi

Adapun beberapa alasan yang logis mengapa pemerintah harus mengimpor daging sapi, simak berikut ini.

1. Meningkatnya Jumlah Permintaan Daging Sapi

Alasan pertama tentu saja adalah meningkatnya permintaan untuk kebutuhan daging sapi yang terus bertambah. Indonesia punya banyak sekali populasi masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi yang juga kuat, tidak heran jumlah konsumen kelas menengah meningkat pula. Memang kebutuhan daging sapi dari Indonesia tidak setinggi Malaysia, namun untuk jumlah impor daging sapi dari Indonesia ternyata masih berada di atas Malaysia.

Permintaan daging sapi yang tinggi sementara produksi daging sapi Indonesia tidak bisa mencukupi kebutuhan daging nasional. Hal ini membuat, mau tidak mau pemerintah Indonesia melakukan impor daging sapi dari negara lainnya. Jasa pengiriman barang terdekat juga membantu kelancaran ekspor atau impor barang.

2. Produksi Daging Sapi Yang Tidak Stabil

Untuk diketahui, produksi daging sapi dari Indonesia mengalami ketidakstabilan sejak tahun 2015. Jika dilihat dari data yang akurat, produksi daging sapi nggak bisa mencukupi sekitar 70% kebutuhan daging nasional. Jadi ketidakstabilan produksi daging sapi ini membuat Indonesia harus melakukan impor daging sapi untuk pemenuhan kebutuhan daging nasional. Sehingga ini akan berdampak pada harganya yang terus akan melonjak.

3. Menjaga Harga Daging Sapi Tidak Melambung Naik

Saat melakukan impor daging sapi tentu membutuhkan jasa ekspedisi terbaik. Adapun manfaat dari impor daging sapi adalah menjaga harga daging sapi agar tidak melambung semakin tinggi. Hal ini dikarenakan ketersediaan daging yang terbatas tetapi kebutuhan terus melonjak naik.

Anda bisa lihat Jika harga daging lokal naik maka daya beli masyarakat untuk daging sapi menurun. Sementara ini akan berpengaruh pada ternak daging sapi lokal yang bisa merugikan. Maka dari itu dilakukan impor daging sapi agar bisa menyeimbangkan harga dan juga kebutuhan daging sapi. Dengan melakukan impor daging sapi maka pemerintah bisa meminimalisir terjadinya kelangkaan pangan yang disebabkan harga daging naik.

4. Negara Pengimpor Daging Sapi Untuk Indonesia

Tentu anda penasaran Negara mana yang melakukan impor daging sapi ke Indonesia. Ternyata pemasok daging sapi terbesar dari Indonesia berasal dari Australia. Selain itu ada juga negara India Selandia baru dan Amerika Serikat. Untuk beberapa negara lainnya ada Malaysia, Brazil, Spanyol, Jepang dan Singapura.

Syarat Lakukan Impor Daging Sapi

Untuk melakukan impor daging ke Indonesia tentu para importir harus menaati beberapa peraturan.

  • Memiliki sertifikat halal dan juga sertifikat kesehatan dari Karantina Hewan negara asalnya.
  • Dilakukan pemeriksaan daging sapi oleh petugas karantina Indonesia.
  • Importir harus memiliki Surat Persetujuan Impor dari pemerintah sebelum bisa melakukan impor.

Demikian beberapa alasan pemerintah melakukan impor daging hingga saat ini. Bagi Anda yang sedang mencari jasa kirim barang ke luar negeri ataupun sebaliknya bisa memilih Kilo.id sebagai ekspedisi andalan dan nomor 1 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *