ribbon barcode resin

TTR RESIN atau TTR WAX, Pilih Mana? Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih ribbon atau pita cetak untuk printer cetak barcode memang tidak boleh sembarangan. Kualitas ribbon yang dipilih ini nantinya akan berpengaruh pada hasil cetak. Selain itu, pemilihan jenis ribbon, misalnya saja ribbon barcode resin atau wax, juga sangat berpengaruh. Pemilihan jenis ribbon ini juga disesuaikan dengan media cetak yang akan digunakan, apakah terbuat dari kertas, kain, media poliester, atau lainnya.

TTR Resin VS TTR Wax

Untuk kebutuhan cetak barcode, selain membutuhkan mesin printer yang mendukung dibutuhkan juga tinta khusus. Tinta untuk mencetak barcode ini hadir dalam bentuk pita, yang kemudian akrab disebut pita cetak dan bisa juga disebut ribbon. Jenis pita cetak ini sendiri secara umum ada tiga, ribbon wax, ribbon wax/resin, dan terakhir adalah ribbon resin.

Jenis yang paling banyak digunakan adalah pita tinta wax dan juga resin, lalu dari kedua jenis ini mana yang paling bagus? Supaya lebih mudah menjawab pertanyaan ini, maka perlu mengenal kedua jenis ribbbon tersebut dengan mengetahui keunggulan maupun kekurangan masing-masing.

1. Ribbon Resin

Pertama adalah ribbon resin yang bisa juga disebut dengan istilah TTR resin. Merupakan jenis pita tinta yang tergolong tahan terhadap goresan dan juga suhu tinggi. Formula khusus di dalam pita ini memiliki karakter yang kuat dan tahan goresan. Sehingga sering diaplikasikan pada media yang mudah tergores, supaya barcode yang tercetak tidak mengelupas maupun luntur.

Pita tinta jenis ini kemudian umum digunakan untuk material poliester, poliamida, polipropilen, dan juga polietilen. Selain tahan terhadap goresan dan suhu tinggi, pita tinta jenis ini juga tahan terhadap paparan bahan kimia maupun bahan keras jenis lainnya. Sehingga cocok untuk barcode kemasan produk yang mengandung bahan-bahan keras.

2. Ribbon Wax

Jenis ribbon yang kedua adalah ribbon wax atau TTW wax yang terbuat dari material lilin khusus. Pita tinta jenis ini tidak dirancang untuk tahan gores sehingga tidak dianjurkan untuk aplikasi di media yang mudah tergores, sebab barcode yang tercetak akan mudah luntur maupun terkelupas.

Selain itu, tinta juga cenderung tidak tahan panas dan zat kimia jenis apapun. Sehingga tidak dianjurkan untuk digunakan pada label kemasan produk yang mengandung bahan kimia maupun menghasilkan energi kalor yang tinggi. Umumnya jenis pita tinta ini untuk mencetak barcode tiket maupun label pengiriman di jasa ekspedisi.

Mana Pilihan yang Paling Bagus?

Jika muncul pertanyaan ini, maka pada dasarnya antara pita tinta resin dengan wax sama bagusnya selama digunakan untuk media yang tepat. Jadi, jawabannya adalah tergantung pada media yang akan menjadi area cetak barcode. Jika ingin mencetak barcode di tiket, rak gudang, barcode ritel, dan label pengiriman. Sudah tentu tinta wax lebih ideal karena harganya murah dan cocok untuk kebutuhan jangka pendek. Jika sebaliknya, maka jenis pita tinta resin bisa dijadikan pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *