tiket KA lebaran

4 Cara Pesan Tiket KA Lebaran 2022

Memasuki bulan Ramadhan pemesanan tiket KA lebaran sudah bisa kamu lakukan. Baik itu booking tiket kereta lebaran lewat online maupun offlne. Jika online kamu bisa membelinya di aplikasi Tiket.com, ke website KAI langsung atau aplikasi KAI Access yaa. Pembayaran tiket kereta online juga cukup mudah dimana kamu bisa bayar lewat ATM, m-banking, internet banking, maupun lewat e-wallet.

Namun jika kamu ingin langsung pesan tiket KA lebaran langsung di stasiun juga bisa yaa. Khusus untuk perjalanan jarak jauh alangkah baiknya jika kalian melakukan pemesanan jauh-jauh hari atau sebulan sebelum keberangkatan. Apalagi jika mudik lebaran sebaiknya jarak dekat maupun jauh harus kamu pesan secepatnya, untuk menanggulangi habisnya tiket pada jadwal kepulangan yang kamu ininkan.

Berikut ini caranya pesan tiket KA lebaran secara online maupun offline. Yuk persiapkan momen mudik kita sebaik mungkin agar lebaran semakin bermakna bersama keluarga di kampong halaman.

Pemesanan Tiket KA Lebaran Online dan Offline

Ada banyak aplikasi digital yang sudah bekerjasama dengan KAI untuk menyediakan tiket kereta api. Pemesanan seperti ini kita kenal dengan pemesanan tiket KA lebaran secara online. Sedangkan jika offline kamu harus langsung datang ke stasiun yang menyediakan kereta api perjalanan ke kota yang kamu tuju. Nah dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk booking tiket kereta lebaran, segera pesan yaa agar tidak kehabisan.

  • Pesan Tiket KA Lebaran di Tiket.com

Tiket.com merupakan aplikasi digital yang mempermudah kamu untuk booking segala tiket akomodasi entah itu buat traveling, mudik lebaran, perjalanan bisnis dan sebagainya. Pemesanan tiketnya pun mudah, termasuk untuk booking tiket kereta lebaran.

  1. Kamu harus sudah install aplikasi Tiket.com di smartphone kamu dan segera registrasi akun apabila kamu belum mempunyai akun.
  2. Jika sudah verifikasi dengan email, kamu bisa langsung pilih menu Cari & Pesan Tiket Kereta Api Online. Disana tentukan rute tujuanmu, tanggal kamu berangkat, dan juga jumlah penumpang.
  3. Selanjutnya tinggal pilih kereta yang kamu inginkan, kamu bisa filter dari kereta ekonomi, bisnis maupun eksekutif lalu pilih keretanya.
  4. Isikan data penumpang atau identitas kamu sesuai dengan kartu identitas yang kamu pilih.
  5. Pilihlah kursi yang kalian inginkan.
  6. Lalu lanjut memilih cara pembayarannya dan silahkan lakukan pembayaran tagihan tiket KA lebaran kamu.
  7. Cek sekali lagi data yang kamu isikan pastikan benar yaa berikut dengan kursi yang kamu pilih.
  8. Jika kamu sudah melakukan pembayaran pemesanan KA lebaran, Tiket.com akan mengecek status transaksi kalian dan terbitlah e-tiket yang akan kamu terima di email dan diaplikasi Tiket.com.
  • Pesan Tiket KA Lebaran di Stasiun

Untuk bisa booking tiket kereta lebaran secara offline di stasiun kamu bisa langsung mendatangi stasiun terdekat yaa yang menyediakan rute perjalanan tujuanmu. Cari loket stasiun, pilih yang memberikan pelayanan tiket lokal maupun antarkota.

Pada petugas loket silahkan informasikan terkait stasiun keberangkatan, tujuannya, kapan tanggal berangkat yang kamu kehendaki, dan berapa tiket yang kamu butuhkan. Petugas akan memberikan keterangan harga, kelas KA lebaran, terus pilih waktu yang kamu inginkan.

Langsung lakukan pembayaran sejumlah tiket yang akan kamu beli dan kamu akan mendapatkan kode booking yang bisa kamu cetak ketika hari keberangkatan.

  • Booking Tiket Kereta Lebaran di Indomaret

Selanjutnya kamu juga bisa memesan tiket KA lebaran di indomaret yaa. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu datang ke kasir kemudian lakukan langkah berikut:

  1. Persiapkan KTP penumpang yang ingin naik kereta api.
  2. Jelaskan pada kasir indomaret jika kalian ingin pesan tiket KA lebaran di indomaret.
  3. Kasir akan melakukan pengecekan, mencari tiket KA, kelas kereta, rute yang kamu tuju, jadwal keberangkatan, dan harga tiket KA lebaran.
  4. Anda tinggal memilih keberangkatan kereta mana yang kalian inginkan. Beserta stasiunnya, kelas kereta api, jadwal keberangkatan, dan juga harga yang sesuai.
  5. Pilih juga gerbong kalian dan nomor kursinya.
  6. Segera lakukan pembayaran tagihan pemesanan tiket KA lebaran kamu. Jika pembayaran selesai kamu akan menerima struk pembelian dan nantinya bisa kamu tukar dengan tiket kereta api di stasiun.

Untuk pemesanan tiket lewat mesin pencarian indomaret juga mudah tinggal kalian ikuti langkah demi langkahnya sembari mengisi data yang dibutuhkan. Pemesanan tiket KA lebaran yang berhasil akan menerima e-tiket 50 menit kemudian di email.

  • Pesan Tiket KA Lebaran di Aplikasi KAI Access

KAI Access merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT KAI untuk mempermudah setiap perjalanan penumpang kereta api.  Dengan aplikasi ini selain booking tiket kereta lebaran, kamu juga bisa melakukan pembatalan tiket kereta loh dan juga pengubahan jadwal keberangkatan.

Selain itu KAI Access juga sudah menyediakan e-Boarding Pass, yang mana e-Boarding Pass merupakan pengganti tiket yang dicetak. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu tempuh jika ingin pesan tiket KA lebaran di KAI Access.

  1. Install aplikasi KAI Access lewat PlayStore maupun Appstore.
  2. Segera lakukan pembuatan akun baru sebelum booking tiket kereta lebaran.
  3. Jika sudah terverifikasi, maka pilih langsung stasiun asal keberangkatan dan juga stasiun yang kamu tuju.
  4. Pilih juga tanggal keberangkatan kamu dan berapa tiket yang kamu butuhkan.
  5. Lalu pilih Cari kereta, jika sudah lakukan pengisian data penumpang menggunakan KTP asli anda.
  6. Lanjutkan dengan pemilihan kursi dan pilih Bayar Sekarang. Pilihlah metode pembayaran yang memudahkan kalian.
  7. Jika sudah kalian akan mendapatkan e-Boarding Pass yang bisa kalian tunjukkan saat akan memasuki kereta.

Persyaratan Mudik Lewat Kereta Api 2022

Di tahun ini semua masyarakat Indonesia yang ada di perantauan sudah diperbolehkan mudik. Nah untuk bisa mudik kalian harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah, diantaranya:

  • Harus sudah vaksin Covid-19 mininal dosis ke dua.
  • Melampirkan surat keterangan negative Covid-19.
  • Lakukan rapid test antigen paling tidak 1×24 jam sebelum keberangkatan. Atau lakukan RT-PCR 3×24 jam jika kamu masih vaksin dosis ke satu.
  • Bagi calon penumpang yang tidak vaksin dengan alasan kesehatan, maka harus memberikan lampiran surat dari dokter.
  • Jika ada penumpang yang usianya dibawah 6 tahun, maka mereka harus didampingi orangtua serta menjalankan protokol kesehatan secara tertib.
  • Bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin imboost maka tidak perlu rapid test.

So, segera pesan tiket KA lebaran kamu biar tidak kehabisan. Dan persiapkan stamina selama mudik agar tidak drop dan membuat kalian mudah terinfeksi virus. Ingat yaa booking tiket kereta lebaran harus dilakukan sebulan sebelum keberangkatan dan jangan terlalu banyak bawa barang bawaan agar mobilitas kalian juga lebih mudah. Dan daripada pesan tiket secara offline, mending kalian tiket KA lebaran kalian pesan di Tiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *